Perhitungan Nnilai Limit Pada Pelelangan Jaminan Gadai Pada PT. Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh (Studi kasus tentang penetapan harga objek fidusia)

Muhammad Chairil Amin, 160102032 (2022) Perhitungan Nnilai Limit Pada Pelelangan Jaminan Gadai Pada PT. Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh (Studi kasus tentang penetapan harga objek fidusia). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perhitungan Nnilai Limit Pada Pelelangan Jaminan Gadai Pada PT. Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh] Text (Perhitungan Nnilai Limit Pada Pelelangan Jaminan Gadai Pada PT. Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh)
Muhammad Chairil Amin, 160102032, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “perhitungan nilai limit pada pelelangan jaminan gadai pada pt. Pegadaian syariah kota banda aceh”. Bertujuan untuk mengetahui perhitungan nilai harga objek fidusia apa saja yang digunakan pihak Pegadaian Syariah kota Banda Aceh dalam melelang barang jaminan yang sudah jatuh wanprestasi, Berdasarkan dasar Hukum Fidusia undang-undang no 42 tahun 1999 bagaiman Pegadaian syariah mengaplikasikan eksekusi dan mekanisme lelang dalam perhitungan Nilai Harga lelang di Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh menurut perspektif Bai Muzayyadah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian hukum sosiologis atau empiris. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan diperoleh dengan hasil kesimpulan sebagai berikut: Pelaksanaan lelang pada barang gadai yang telah Wanprestasi sesuai dengan ketentuan Hukum Ekonomi Syariah. Mengenai pelaksanaan lelang yang terjadi di Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh yaitu pihak pegadaian memberikan penguasaan penjualan dibawah tangan oleh debitur langsung dalam menjual barang gadai kepasar dengan taksiran harga yang sudah diketahui dan ditetapkan atas kesepakatan antara kreditur dan debiur atau dibeli langsung oleh pihak pegadaian lelang gadai. Mekanisme dalam penetapan harga dalam praktik lelang barang gadai, harga harus menuju pada keadilan. Sama dengan penentuan harga pada umumnya harga ditentukan oleh pasar. Didalam penetapan harga lelang arang gadai jatuh tempo yang harus diperhatikan adalah melihat harga dasar lelang, melalui taksiran ulang, mengupayakan penjualan setinggi-tingginya dimana PT. Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh sudah menetapkannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Chairil Amin Chairil
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:26
Last Modified: 01 Feb 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26235

Actions (login required)

View Item
View Item