Dampak Menulis Puisi Terhadap Perubahan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Kita Menulis Banda Aceh

Agus Mauliani, 180201157 (2023) Dampak Menulis Puisi Terhadap Perubahan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Kita Menulis Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Dampak Menulis Puisi Terhadap Perubahan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Kita Menulis Banda Aceh] Text (Dampak Menulis Puisi Terhadap Perubahan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Kita Menulis Banda Aceh)
Agus Mauliani, 180201157, FTK, PAI, 089505353038 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Puisi merupakan sebuah simbol seni ekspresif dan kognitif yang mengandung saratnya makna dan nilai-nilai. Menulis puisi merupakan kegiatan produksi dalam apresiasi sastra yang mereprentasikan kehidupan sosial dipaparkan melalui perenungan pengalaman ke dalam bentuk kata-kata yang estetik. Demikian pula kehidupan saat ini kian bergelut dengan modernisasi dan digitalisasi yang membawa dampak positif maupun negatif. Dampak positif menjadi akibat yang sangat dibanggakan, namun dampak negatif yang terjadi adalah kendurnya moralitas dan budi perkerti. Maka sejalan dengan itu, puisi yang notabenya penyampai pesan-pesan moral menjadi sangat menarik apabila disandingkan dampaknya terhadap perubahan karakter seseorang yang tentunya terkandung pula nilai-nilai Pendidikan Agama Islam didalamnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dampak menulis puisi terhadap perubahan karakter dalam perspektif Pendidikan Agama Islam pada siswa Sekolah Kita Menulis Banda Aceh serta karakter islami apa saja yang terbentuk pada diri siswanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Maka hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa dampak menulis puisi terhadap perubahan karakter ialah sangat positif terjadi pada meningktatnya motivasi siswa dalam belajar, meningkatnya rasa percaya diri siswa dalam mengaktualisasikan segala potensi, serta lebih mengedepankan rasa egeliter. Kemudian karakter islami yang terbentuk ialah tumbuhnya sikap kemandirian, sikap empati, dan sikap disiplin dalam beribadah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Mauliani
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:36
Last Modified: 01 Feb 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26241

Actions (login required)

View Item
View Item