Gambaran Self Esteem Pada Perempuan Korban Body Shaming (Studi Di Gampong Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa).

Cut Nurul Iflah, 180402008 (2023) Gambaran Self Esteem Pada Perempuan Korban Body Shaming (Studi Di Gampong Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Gambaran Self Esteem Pada Perempuan Korban Body Shaming (Studi Di Gampong Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa)] Text (Gambaran Self Esteem Pada Perempuan Korban Body Shaming (Studi Di Gampong Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa))
Cut Nurul Iflah, 180402008, FDK, BKI, 082272150642.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penampilan adalah hal yang penting bagi seorang perempuan. Mereka akan berusaha memperlihatkan penampilan yang sempurna. Namun, tidak semua perempuan berhasil memperlihatkan hal itu didepan banyak orang. Sebagian dari mereka kerap kali mendapatkan perlakuan body shaming, yaitu dikritik secara negatif terhadap bentuk tubuhnya. Setiap perempuan memiliki pengalaman body shaming berbeda-beda, hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap self esteem nya. Terlebih lagi perempuan di usia remaja yang memiliki perubahan fisik dan emosi yang tidak stabil. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji mengenai bagaimana gambaran body shaming dan self esteem pada perempuan di Gampong Sungai pauh, Kecamatan Langsa barat, Kota Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling dengan kriteria perempuan remaja akhir usia 18-21 tahun yang mengalami body shaming. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapati bahwa kelima informan merasa malu akan bentuk tubuhnya. Terdapat tiga informan yang bisa menerima perlakuan body shaming, sedangkan dua informan lagi cenderung tidak bisa menerima perlakuan body shaming. Self esteem pada perempuan korban body shaming didapati bahwa terdapat tiga informan cenderung bisa menghargai dan menerima keadaan dirinya. Sedangkan dua informan lainnya yaitu cenderung belum bisa menghargai dan menerima keadaan dirinya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Body shaming, Self esteem, Perempuan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Cut Nurul Iflah
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:42
Last Modified: 01 Feb 2023 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26242

Actions (login required)

View Item
View Item