Strategi Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Pendidikan Di SD IT Al-Munjiya Aceh Selatan

Arifatul Ullia, 180206052 (2023) Strategi Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Pendidikan Di SD IT Al-Munjiya Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Strategi Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Pendidikan Di SD IT Al-Munjiya Aceh Selatan] Text (Strategi Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Pendidikan Di SD IT Al-Munjiya Aceh Selatan)
Arifatul Ullia, 180206052, FTK, PGMI, 085270442054.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kepala sekolah dan guru profesional merupakan salah satu input sekolah yang memiliki tugas dan fungsi yang sangat berpengaruh pada berlangsungnya proses Pendidikan dan menciptakn mutu Pendidikan yang bagus. Adapun latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya beberapa guru yang belum memenuhi syarat sertifikasi namun tidak mempengaruhi proses pembelajaran dan mutu Pendidikan sekolah tetap baik. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah ntuk menjelaskan kebijakan mutu kepala sekolah di SDIT Al Munjiya, menjelaskan strategi dalam peningkatan mutu, dan menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam strategi peningkatan mutu proses pembelajaran Pendidikan di SDIT Al Munjiya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan dewan guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru sudah baik kendati standar pendidik belum S1 tapi ouputnya bagus sehingga menciptakan kualitas mutu Pendidikan yang baik, hal itu dilihat dari adanya kebijakan kurikulum, kebijakan anggaran, kebijakan tenaga pendidik, kebijakan struktur organisasi dan kebijakan sarana dan prasarana, kemudian strategi yang digunakan adalah peningkatan input guru dan siswa, peningkatan kompetensi guru dan peningkatan output bidang prestasi akademik dan non akademik dan strategi peningkatan kurikulum. selanjutnya yang menjadi faktor pendukungnya adalah kerja sama tim guru, keaktifan guru, dan cukupnya pembiayaan, selanjutnya faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana dan kurangnya komitmen guru dalam menjalankan program.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arifatul Ullia
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:12
Last Modified: 02 Feb 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26244

Actions (login required)

View Item
View Item