Prototype Sistem Monitoring Dan Kontrol Pembibitan Kelapa Sawit Berbasis Internet Of Things.

Roji April Naldi, 180211073 (2023) Prototype Sistem Monitoring Dan Kontrol Pembibitan Kelapa Sawit Berbasis Internet Of Things. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Prototype Sistem Monitoring Dan Kontrol Pembibitan Kelapa Sawit Berbasis Internet Of Things] Text (Prototype Sistem Monitoring Dan Kontrol Pembibitan Kelapa Sawit Berbasis Internet Of Things)
Roji April Naldi, 180211073, FTK, PTE, 085761929366.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Secara dominan perkebunan kelapa sawit berkembang hampir diseluruh Provinsi di Indonesia. Pada tahun 2015, luas perkebunan sawit di Indonesia seluas 11.3 juta hektar, serta pada tahun 2017 mencapai 16 juta hektar. Dalam membudidayakan kelapa sawit para petani memiliki kendala dalam proses pembibitan khususnya pada proses monitoring dan kontrol pembibitan. Petani juga kesulitan dalam mengetahui kadar air serta pH tanah terhadap kelembapan. Penelitian ini bertujuan merancang prototype yang dapat memonitoring dan mengontrol pembibitan kelapa sawit berbasis internet of things yang dapat dikendalikan melalui aplikasi blynk, diharapkan prototype ini akan memudahkan petani dalam melakukan monitoring dan kontrol pembibitan kelapa sawit dari jarak jauh. Beberapa perangkat digunakan dalam penelitian ini diantaranya Arduino digunakan sebagai mikrokontroler komponen perangkat keras dan lunak, dan ESP8266 digunakan sebagai alat komunikasi mikrokontroler arduino ke aplikasi blynk melalui Wifi. Adapun sensor yang dipakai yaitu, sensor soil moisture digunakan sebagai mengukur kelembapan tanah, sensor pH tanah digunakan sebagai pengukuran tingkat keasaman tanah, dan sensor ultrasonic HCSR-04 digunakan sebagai pengukuran ketinggian sisa air pupuk. Dengan menggunakan mikrokontroler Arduino uno dan aplikasi yang berbasis mobile maka dalam pembacaan nilai sensor sudah sangat stabil. Terlihat pada rata-rata error sensor pH tanah sebesar 0,008%, rata-rata error sensor ultrasonik sebesar 0%, yang telah dilakukan uji coba selama 3 kali, dan rata-rata respon relay 2.3% dan 2%. Dapat disimpulkan nilai error yang kecil menunjukkan bahwa prototype mencapai bentuk yang sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prototype, Pembibitan Kelapa Sawit, Internet of Things, Blynk.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Roji April Naldi Roji
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:15
Last Modified: 02 Feb 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26247

Actions (login required)

View Item
View Item