Serapan Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Asal Gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan

Safran Mulyadi, 150401110 (2022) Serapan Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Asal Gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran online] Text (Pembelajaran online)
Safran Mulyadi, 150401110, FDK, KPI, 085296983184.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 belum juga usai. Pelajar dan mahasiswa masih harus mengikuti kebijakan dari pemerintah untuk melaksanakan Pembelajaran online. Meskipun sudah didukung dengan berbagai teknologi selama menjalani pembelajaran online, masih ada celah yang menyebabkan pembelajaran kurang efektif. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di desa Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aplikasi yang sering digunakan dalam pembelajaran daring adalah Google Meet dan Zoom meeting, (2) Pembelajaran daring disamping memberikan manfaat yang positif bagi mahasiswa, yaitu kemudahan akses dan fleksibilitas dalam belajar juga memberikan dampak yang negatif antara lain: (a) terkendala jaringan yang sering putus-nyambung, (b) Dosen sering menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam pembelajaran daring, (3) Kualitas audio dan video aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring kurang baik, (4) Domisili/tempat tinggal mahasiswa yang akses jaringan internetnya lemah, (5) Pengeluaran biaya ekstra untuk membeli pulsa kuota data internet, dan (6) Dalam pembelajaran daring mahasiswa tidak bisa konsentrasi, karena interaksi cenderung satu arah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Safran Mulyadi Safran
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:15
Last Modified: 02 Feb 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26250

Actions (login required)

View Item
View Item