Implementasi Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Terhadap Perencanaan Karir Siswa Di SMA Negeri 1 Sp. Mamplam

Munawarah, 180213012 (2022) Implementasi Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Terhadap Perencanaan Karir Siswa Di SMA Negeri 1 Sp. Mamplam. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Terhadap Perencanaan Karir Siswa Di SMA Negeri 1 Sp. Mamplam] Text (Implementasi Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Terhadap Perencanaan Karir Siswa Di SMA Negeri 1 Sp. Mamplam)
Munawarah, 170210007.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Karir memiliki makna yang lebih dalam dibandingkan dengan pekerjaan. Siswa SMA diharapkan mampu menentukan arah karir masa depannya. Lulusan SMA harus mempersiapkan diri untuk menghadapi transisi dari jenjang pendidikan ke jenjang pendidikan lebih lanjut atau dari jenjang pendidikan ke dunia kerja. Individu dituntut untuk dapat meningkatkan diri dengan meningkatkan pengetahuannya agar dapat memperluas pemikirannya sesuai dengan yang diharapkan atau diinginkan. Bimbingan dan konseling komfrehensif diprogramkan bagi seluruh peserta didik artinya bahwa semua peserta didik wajib mendapatkan layanan bimbingan dan konseling, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bimbingan konseling komprehensif di SMAN 1 Sp. Mamplam terhadap perencanaan karir dan Untuk mengetahui Bagaimana perencanaan karir siswa di SMAN 1 Sp. Mamplam setelah diterapkannya bimbingan dan konseling komprehensif. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan bimbingan konseling komprehensif di SMAN 1 Sp. Mamplam lebih berfokus pada layanan karir. Hal ini dapat dilihat dari adanya informasi yang diberikan oleh pihak sekolah tentang update informasi sebagaimana dalam peningkatan motivasi belajar sampai siswa dalam memilih perguruan tinggi ataupun berkerja di dunia industri, dan perencanaan karir di SMA Negeri 1 Sp. Mamplam setelah diterapkannya bimbingan konseling komprehensif adalah siswa mulai merencanakan karir dari kelas X hal ini lihat dari siswa mulai memahami bagaimana karir dan dunia kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Munawarah Munawarah
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:17
Last Modified: 02 Feb 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26258

Actions (login required)

View Item
View Item