Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Technology Terhadap Inklusi Keuangan Masyarakat di Kota Banda Aceh

Ranti Kartika Dewi, 180604074 (2023) Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Technology Terhadap Inklusi Keuangan Masyarakat di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Literasi Keuangan, Financial Technology dan Inklusi Keuangan] Text (Membahas Literasi Keuangan, Financial Technology dan Inklusi Keuangan)
Ranti Kartika Dewi (180604074).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Indeks inklusi keuangan dan literasi keuangan Aceh mengalami peningkatan, tetapi masih terdapat gap yang cukup lebar di antara keduanya, di mana masih ada masyarakat yang menggunakan produk dan jasa di sektor keuangan, namun belum paham sebetulnya produk apa yang digunakan. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yakni untuk menganalisis pengaruh dari literasi keuangan serta penggunaan financial technology terhadap inklusi keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data berbentuk primer. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden berusia 17-60 tahun yang berdomisili di kota Banda Aceh dan memiliki rekening di bank. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan masyarakat di kota Banda Aceh di buktikan dengan nilai p-value sebesar 0,030 atau < 0,05 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,173 di mana menandakan literasi keuangan mempengaruhi inklusi keuangan sebesar 0,173 dan financial technology memiliki pengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan masyarakat di Kota Banda Aceh di buktikan dengan nilai p-value sebesar 0,000 atau < 0,05 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,532, di mana menandakan financial technology mempengaruhi inklusi keuangan sebesar 0,532.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ranti Kartika Dewi Dewi
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:14
Last Modified: 02 Feb 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26266

Actions (login required)

View Item
View Item