Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X I pada Materi Koloid di SMAN I Baitussalam Aceh Besar

Aja Syifaurrahmah Saaf, 291121693 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X I pada Materi Koloid di SMAN I Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Aja Syifaurrahman Saaf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Koloid Di SMAN I Baitussalam Aceh Besar”. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan keaktifan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan permainan ular tangga pada materi koloid dibandingkan dengan metode konvensional dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan permainan ular tangga pada materi koloid dibandingkan dengan metode konvesional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 84,72 % siswa yang aktif dalam pembelajaran, sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 41,6 dan nilai rata-rata pretestkelas kontrol 39 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 78,9 dan nilai rata-rata postestkelas kontrol 58,5. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 19,263 dan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 38, dengan cara interpolasi diperoleh t0,95(38) = 1,68 sehingga diperoleh thit> ttab, hasil ini jelas adadalam daerah penolakan Ho dan berada dalam penerimaan Ha. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Permainan Ular Tangga lebih baik daripada hasil belajar yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. H. Ramli Abdullah, M.pd 2.Perwiraga Hartami, S.Pd, M.Sc
Uncontrolled Keywords: TGT, Pembelajaran, Ular Tangga, Permainan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 23 Feb 2018 17:07
Last Modified: 23 Feb 2018 17:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2627

Actions (login required)

View Item
View Item