Penggunaan Media Magic Bag Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Mufradat Siswa Di MtsS Kluet Utara Aceh Selatan

Kharosmi, 180202050 (2023) Penggunaan Media Magic Bag Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Mufradat Siswa Di MtsS Kluet Utara Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Magic Bag Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Mufradat Siswa Di MtsS Kluet Utara Aceh Selatan] Text (Penggunaan Media Magic Bag Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Mufradat Siswa Di MtsS Kluet Utara Aceh Selatan)
Kharosmi, 180202050, FTK, PBA, 081260311676.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pertama peneliti pada kelas II C di MTsS Kluet Utara Aceh Selatan, menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum mengetahui mufradat bahasa Arab dan maknanya serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran khususnya bahasa Arab di MTsS Kluet Utara Aceh Selatan, sehingga membuat mereka bosan saat pembelajaran bahasa Arab khususnya mufradat, dan juga kurang memperhatikan penjelasan guru. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk membantu siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran, dan mencoba menerapkan media Magic Bag sebagai media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mufradat siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan Magic Bag dalam meningkatkan kemampuan mufradat siswa dan mengetahui respon siswa saat penggunaan media Magic Bag dalam mufradat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan tipe One Group Pre-test Post –test Design. Adapun instrumen yang digunakan peneliti yaitu tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media magic bag ini efektif meningkatkan kemampuan mufradat siswa, dengan hasil tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dan penggunaan media magic bag mendapatkan respon yang positif dari siswa yaitu respon positif lebih besar dari respon negatif dengan persentase 98,10 % > 3,40%, ini menunjukkan bahwa media magic bag bisa meningkatkan kemampuan siswa , dan minat dalam pembelajaran mufradat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Kharosmi Kharosmi
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:00
Last Modified: 02 Feb 2023 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26270

Actions (login required)

View Item
View Item