Pengembangan Perangkat Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal di SDN Panton Luas Baru Aceh Selatan

Nurul Ainanur, 180209080 (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal di SDN Panton Luas Baru Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Literasi Sains] Text (Literasi Sains)
Nurul Ainanur, 180209080, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Permasalah di lapangan didapati bahwa kurangnya sumber belajar literasi sains berbasis kearifan lokal dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN Panton Luas Baru. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendesainperangkat pembelajaran literasi sains berbasis kearifan lokal dan menguji kelayakan perangkat pembelajaran lietrasi sains berbasis kearifan lokal Aceh Selatan.Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model 4D. Sampel penelitian ini adalah 6 orang yang terdiri dari 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, dan 2 orang ahli bahasa. Adapun instrument penelitian ini adalah lembar validasi media, lembar validasi materi, dan lembar validasi bahasa yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.Analisis kualitatif digunakan untuk analisis kebutuhan dan desain perangkat pembelajaran.Sedangkan analisis kuantitatif untuk penilaian perangkat pembelajaran yang dianalisis dalam bentuk persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain pengembangan perangkat pembelajaran literasi sains berbasis kearifan lokal aceh Selatan mengikuti model 4Dyaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran) (2) Kelayakan perangkat pembelajaran literasi sains berbasis kearifan lokal Aceh Selatan dinilai oleh validator ahli media memperoleh 87,5% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil validasi ahli materi diperoleh kelayakan mencapai 91,16% dengan kategori “Sangat Layak”, dan hasilvalidasi ahli bahasa memperoleh 85,25% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Ainanur Nurul
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:59
Last Modified: 02 Feb 2023 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26275

Actions (login required)

View Item
View Item