Peran Muhtasib Gampong Dalam Meminimalisir Jarimah Khalwat (Penelitian Di Wilayah Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh)

Aditya Yoga Prayudhi, 170104036 (2023) Peran Muhtasib Gampong Dalam Meminimalisir Jarimah Khalwat (Penelitian Di Wilayah Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Muhtasib Dalam Meminimalisir Jarimah Khalwat] Text (Peran Muhtasib Dalam Meminimalisir Jarimah Khalwat)
Aditya Yoga Prayudhi, 170104036, FSH, HPI, 082363127567-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2002 tentang pelaksanaan syariat Islam bidang aqidah, ibadah dan Syariat Islam menjadi landasan utama dalam penerapan dan pengawasan syariat Islam di Aceh juga dasar hukum pembentukan muhtasib gampong. Muhtasib gampong adalah orang yang bertugas menjalankan hisbah di tingkat gampong melalui surat keputusan Walikota Banda Aceh Nomor 68 Tahun 2022 sehingga diharapkan dengan adanya muhtasib gampong jumlah pelanggaran khususnya jarimah khalwat berkurang akan tetapi faktanya adalah pelanggaran jarimah khalwat di gampong Peunayong meningkat setiap tahunnya padahal di gampong tersebut mempunyai muhtasib gampong maka untuk itulah penelitian ini dilakukan. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran muhtasib gampong mencegah terjadinya pelanggaran jarimah khalwat di wilayah gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh serta kendala dan hambatan yang dihadapinya. Metode penelitian ini menggunakan metode normatif empiris yaitu memaparkan data yang ada, menganalisa data teoritis dan praktis secara sistematis, faktual dan akurat. Hasil penelitian menunjukan peran muhtasib di gampong Peunayong dalam mengawasi dan mencegah agar tidak terjadinya pelanggaran jarimah khalwat belum maksimal, karena ada tantangan dan hambatan dari masyarakat setempat. Adapun hambatannya dalam mengawasi dan mencegah pelaku pelanggaran jarimah khalwat seperti: keanggotaan muḥtasib masih kurang efektif dan pengetahuan dalam mensosialisaikan nilai-nilai Syari’at Islam, kurangnya pelatihan khusus terhadap anggota muḥtasib, masyarakat kurang peka terhadap kondisi gampong sulit untuk bekerja sama dalam mengawasinya. Dari paparan diatas dapat disimpulkan besar harapan kepada muḥtasib gampong agar memanfaatkan seluruh media yang ada di masyarakat, baik media modern maupun media tradisional, sebagai upaya pelaksanaan sosialisasi mencegah terjadinya pelanggaran jarimah khalwat di gampong Peunayong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Aditya Yoga Prayudhi Adit
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:22
Last Modified: 08 Feb 2023 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26276

Actions (login required)

View Item
View Item