Peran Maulid Nabi Dalam Memperkuat Solidaritas Warga(Studi Pada Gampong Trieng Meuduro Tunong Kecamatan Sawangkabupaten Aceh Selatan).

Cut Mutia, 180501071 (2023) Peran Maulid Nabi Dalam Memperkuat Solidaritas Warga(Studi Pada Gampong Trieng Meuduro Tunong Kecamatan Sawangkabupaten Aceh Selatan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Maulid Nabi Dalam Memperkuat Solidaritas Warga(Studi Pada Gampong Trieng Meuduro Tunong Kecamatan  Sawangkabupaten Aceh Selatan)] Text (Peran Maulid Nabi Dalam Memperkuat Solidaritas Warga(Studi Pada Gampong Trieng Meuduro Tunong Kecamatan Sawangkabupaten Aceh Selatan))
Cut Mutia, 180501071, FAH, SKI, 082185104028.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Maulid Nabi Dalam Memperkuat Solidaritas Warga (Studi Pada Gampong Trieng Meuduro Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan)”. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah: 1) untuk mengetahui kegiatan apa saja yang diselenggarakan oleh warga gampong Trieng Meuduro Tunong untuk meningkatkan solidaritas sesama warganya, 2) untuk mengetahui bagaimana peran maulid Nabi gampong Trieng Meuduro Tunong dalam meningkatkan rasa solidaritas sesama warganya. Penelitian ini meggunakanpendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan atau mempererat solidaritas sesama warga di gampong Trieng Meuduro Tunong terutama salah satunya yang paling terlihat adalah pada perayaan tradisi Maulid Nabi Saw. Pelaksanaan kegiatan perayaan Maulid Nabi Saw, masyarakat gampong selalu ikut berpatisipasi atau terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, ada beberapa bentuk-bentuk solidaritas diantaranya ialah musyawarah (rapat bersama antara warga mulai dari perangkat gampong serta seluruh pemuda), iuran bersama (persiapan atau menyediakan keperluan baik itu dalam bentuk membawa hidangan, memberikan iuran dalam bentuk jumlah, dan lain-lain sebagainya), membawa makanan (nasi dan kue), dan terlibat dalam kepanitian (dalam perayaan kegiatan tradisi Maulid Nabi Saw warga harus terlibat dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari misalnya panitia pelaksanaan Maulid, panitia pelatihan, panitia konsumsi, panitia kebersihan, panitia keamanan, dan lain-lain sebagainya). Pelaksanaan Maulid Nabi mempunyai aturan dan rangkaian diantaranya ialah menentukan tamu, persediaan hidangan makanan dan balai-balai, waktu pelaksanaan Maulid (diselenggarakan pada siang hari dimulai dari jam 08:00 sampai menjelang waktu shalat Zuhur), dan rangkaian acara (dimulai dari menyambut tamu undangan untuk tahlilan dan do’a, kemudian acara meudike moelod dengan lantunan shalawat-shalawat Nabi dan diakhiri dengan pembagian hidangan kepada para tamu yang hadir. Peran perayaan Maulid Nabi yang diadakan pada setiap tahun selama 3 bulan berturut-turut di gampong Trieng Meuduro Tunong ialah sangat berperan dalam bentuk rasa mempererat solidaritas sosial sesama masyarakat dan saling berinteraksi sangat baik tidak ada perbedaan maupun konflik dengan integrasi antara seluruh elemen masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran, Maulid Nabi, Memperkuat Solidaritas
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Cut Mutia Mutia
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:54
Last Modified: 02 Feb 2023 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26277

Actions (login required)

View Item
View Item