Inventarisasi dan Pola Distribusi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Kawasan Wisata Putroe Aloeh Kabupaten Aceh Barat Daya

Ridha Wahyuni, 170703027 (2022) Inventarisasi dan Pola Distribusi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Kawasan Wisata Putroe Aloeh Kabupaten Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Inventarisasi dan Pola Distribusi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Kawasan Wisata Putroe Aloeh Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Inventarisasi dan Pola Distribusi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Kawasan Wisata Putroe Aloeh Kabupaten Aceh Barat Daya)
Ridha Wahyuni, 170703027, FST, BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kawasan wisata Putroe Aloeh merupakan salah satu objek wisata pemandian di Aceh Barat Daya. Spesies tumbuhan paku (Pteridophyta) di kawasan ini mengalami penurunan populasi tumbuhan dan perubahan pola distribusi yang diakibatkan oleh pembukaan lahan perkebunan sehingga data keragaman tumbuhan paku perlu diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai macam spesies Pteridophyta, deskripsi, klasifikasi, dan pola distribusi nya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Survey eksploratif pada 3 stasiun. Metode kerja dilakukan dengan cara observasi dan mencatat spesies Pteridophyta yang ditemukan di kawasan wisata Putroe Aloeh, kemudian dilakukan pengukuran fisika-kimia untuk mengetahui pengaruh faktor fisika-kimia meliputi suhu udara, pH tanah, kelembaban tanah, kelembaban udara dan intensitas cahaya. Data dikumpulkan melalui observasi dan identifikasi sampel, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode Indeks Penyebaran Morisita. Hasil penelitian inventarisasi spesies Pteridophyta di kawasan wisata Putroe Aloeh diperoleh sebanyak 32 spesies yang terdiri atas 16 famili dari 3567 individu tumbuhan paku. Spesies Pteridophyta yang paling banyak ditemukan pada seluruh lokasi penelitian adalah paku Rane Biru (Selaginella wildenowii) yang terdapat di setiap stasiun dengan jumlah 798 individu. Faktor lingkungan sangat mempengaruhi keberadaan spesies Pteridophyta baik dari segi jumlah spesies, tingkat kesuburan, dan persebarannya. Pola distribusi spesies Pteridophyta di kawasan wisata Putroe Aloeh tergolong distribusi seragam, dengan nilai indeks penyebaran Iδ = 0,088.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Ridha Wahyuni Ridha
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:58
Last Modified: 02 Feb 2023 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26281

Actions (login required)

View Item
View Item