Peran Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Di Smpn 4 Banda Aceh.

Fara Ulan Nahrfah, 180206114 (2023) Peran Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Di Smpn 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Di Smpn 4 Banda Aceh] Text (Peran Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Di Smpn 4 Banda Aceh)
Fara Ulan Nahrfah 180206114, FTK, MPI, 082351124285.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Peran kepala sekolah menjadi lebih besar dari sebelumnya terutama dalam upaya pembinaan karakter peserta didik. Pembinaan karakter disiplin sekolah harus benar-benar dilaksanakan oleh kepala sekolah. Permasalahan yang terjadi disekolah adalah masih ada beberapa peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah, berbicara dan kurang menghargai guru yang ada di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah sebagai manajer terhadap pembinaan karakter disiplin peserta didik di SMPN 4 Banda Aceh, (2) untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah sebagai leader dalam pembinaan karakter disiplin peserta didik di SMPN 4 Banda Aceh, (3) untuk mengetahui bagaiman peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pembinaan karakter disiplin peserta didik di SMPN 4 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, WAKA kesiswaan, guru wali kelas, guru PAI dan guru BK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer dapat menyusun strategi pembinaan disiplin yaitu pengembangan budaya sekolah dan kegiatan pembelajaran, seperti kegiatan rutin yang dilaksanakan dihari jumat (yasinan, literasi, dan gotong royong). Peran kepala sekolah sebagai leader menunjukkan bahwa kepala sekolah mengarahkan, membimbing, melindungi, memberikan dorongan/motivasi serta memberikan teladan kepada guru, sfaff dan peserta didik dengan menerapkan disiplin waktu, disiplin kelas, disiplin lingkungan sekolah serta disiplin dalam berpakaian. Peran kepala sekolah sebagai supervisor menunjukkan bahwa kepala sekolah melakukan pengawasan, serta memberi konsultasi kepada guru, staff dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran kepala sekolah, Pembinaan Karakter
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fara Ulan Nahrfah Fara
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:49
Last Modified: 02 Feb 2023 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26282

Actions (login required)

View Item
View Item