Strategi Komunikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan Dalam Memublikasikan Kesenian Daerah

Qurrata Aini Rahmatina, 180401039 (2022) Strategi Komunikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan Dalam Memublikasikan Kesenian Daerah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Komunikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan Dalam Memublikasikan Kesenian Daerah] Text (Strategi Komunikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan Dalam Memublikasikan Kesenian Daerah)
Qurrata Aini Rahmatina, 180401039, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kesenian daerah menjadi salah satu hal yang sangat penting dijaga kelestariannya. Tugas dan tanggungjawab untuk mempromosikan kesenian kepada masyarakat adalah dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan. Namun kenyataannya yang terjadi di lapangan, khususnya di Kabupaten Aceh Selatan kesenian daerah disana kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Penelitian ini mengkaji “Strategi Komunikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan Dalam Memublikasikan Kesenian Daerah”. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ruang lingkup dan kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan dalam melestarikan kesenian daerah Aceh Selatan dan strategi komunikasi dalam mempromosikan kesenian daerah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan strategi. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa fasilitator yang diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masih kurang dimana sarana dan prasarana yang disediakan pemerintah masih belum merata. Dengan adanya perhatian dari pemerintah daerah untuk memberikan dana yang memadai dalam proses pelestarian kesenian daerah akan menjadi acuan terhadap penggiat kesenian untuk terus bersemangat dalam melestarikan kesenian-kesenian yang ada. Program yang dilakukan oleh bidang Kebudayaan dalam mempromosikan kesenian daerah yaitu menciptakan inovasi yang baru dalam memberikan suatu perkembangan kesenian dan melakukan beberapa kegiatan yang bisa membangkitkan semangat para penggiat untuk tetap mempertahankan kesenian daerah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Qurrata Aini Rahmatina Qurrata
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:55
Last Modified: 02 Feb 2023 03:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26286

Actions (login required)

View Item
View Item