Aksesibilitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Meulaboh Dalam Pendistribusian Air Bersih Di Kabupaten Aceh Barat

Cut Muliana, 170802004 (2022) Aksesibilitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Meulaboh Dalam Pendistribusian Air Bersih Di Kabupaten Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Aksesibilitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Meulaboh Dalam Pendistribusian Air Bersih Di Kabupaten Aceh Barat] Text (Aksesibilitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Meulaboh Dalam Pendistribusian Air Bersih Di Kabupaten Aceh Barat)
Cut Muliana, 170802004, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Air merupakan kebutuhan dasar yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Penyediaan air bersih menjadi perhatian khusus setiap negara di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Hal ini menjadikan layanan perusahaan penyedia dan pengelola air bersih sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Maka, untuk memenuhi kebutuhan tersebut pemerintah mendirikan dan mengelola sebuah perusahaan milik negara yaitu Perusahaan Daerah Air Minum yang biasanya dikenal dengan sebutan PDAM. PDAM tersebar di seluruh daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Aceh Barat yang dinamakan PDAM Tirta Meulaboh. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui aksesibilitas pelayanan air bersih PDAM Tirta Meulaboh dan tantangan PDAM dalam melayani masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa kualitatif deskriptif, Jenis penelitian ini digunakan agar dapat memberikan pemahaman dan penafsiran secara mendalam mengenai keadaan dan fakta yang relevan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dalam penelitian ini adalah pihak yang dijadikan sebagai informan adalah yang dianggap memiliki informasi yang dibutuhkan. Hasil wawancara dan observasi terhadap masing-masing indikator, maka dapat dikatakan bahwa aksesibilitas pelayanan perusahaan air minum Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Meulaboh dalam pendistribusian air bersih di Kabupaten Aceh Barat belum dikatakan baik dalam melayani pelanggan karena adanya beberapa kendala yang menjadi tantangan PDAM Tirta Meulaboh dalam melayani pelanggan seperti kebocoran pipa, air keruh, tagihan pelanggan, belum meratanya daerah yang mendapat akses jaringan PDAM dan beberapa kendala lainnya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa aksesibilitas pelayanan PDAM Tirta Meulaboh dalam pendistribusian air bersih di Kabupaten Aceh Barat masih belum berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Cut Muliana Cut
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:49
Last Modified: 02 Feb 2023 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26289

Actions (login required)

View Item
View Item