Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Question Student Have terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengukuran di SMPN 1 Darussalam.

Muliana, 251222762 (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Question Student Have terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengukuran di SMPN 1 Darussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Muliana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran question student have adalah pembelajaran yang menekankan pada siswa untuk aktif dalam menyatukan pendapat dan mengukur sejauh mana siswa memahami pelajaran melalui pertanyaan tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran question student have terhadap hasil belajar siswa, (2) Bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran question student have. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen Quasi yaitu eksperimen yang memiliki perlakuan, pengukuran dampak, namun tidak menggunakan penugasan acak untuk melihat perbandingan dalam menyimpulkan perubahan yang disebabkan perlakuan. Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka peneliti mengambil sampel 2 kelas yang kemampuannya sama yaitu kelas VII1 dan VIIII dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis data pos-tes siswa yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan dimana hasil nilai post-test siswa kelas kontrol lebih rendah dari hasil nilai pos-test siswa kelas eksperimen. Dengan rata-rata perbandingan 78,6 pada kelas eksperimen dan 57,5 pada kelas kontrol. Sedangkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = (25+25-2) = 48, maka dari tabel distribusi t(0,95)(48) = 1,68. Oleh karena t hitung ≥ t tabel yaitu 9,03 ≥ 1,68 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran question student have pada materi pengukuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar tahun ajaran 2015/2016. Dan hasil analisis data respon siswa terhadap pembelajaran dengan model question student have mendapat respon baik atau positif dari siswa yang dibuktikan dengan nilai presentase 93,71% pada penyataan positif yang menjawab ya dan ini termasuk dalam kategori sangat baik dan pernyataan positif yang menjawab tidak dengan presentase 6,28 %. Sedangkan pada pernyataan negatif yang menjawab tidak dengan presentase 94,67% dan yang menjawab ya 5,33%. Dengan demikian model pembelajaran question student have dapat digunakan dalam mengajarkan materi pengukuran pada siswa SMP Negeri 1 Darussalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Ridhwan, S.Pd, M. S.i 2.Marzuki, S.Pd.I, M. S.i
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Question Student Have (QSH), Hasil Belajar, Pengukuran.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 23 Feb 2018 17:41
Last Modified: 23 Feb 2018 17:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2629

Actions (login required)

View Item
View Item