Peran Orangtua dalam Membatasi Penggunaan Gawai pada Anak-Anak Prasekolah di Desa Keude Ulim Kecamatan Ulim

Tutia Rahmi, 180305055 (2022) Peran Orangtua dalam Membatasi Penggunaan Gawai pada Anak-Anak Prasekolah di Desa Keude Ulim Kecamatan Ulim. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Orangtua dalam Membatasi Penggunaan Gawai pada Anak-Anak Prasekolah di Desa Keude Ulim Kecamatan Ulim] Text (Peran Orangtua dalam Membatasi Penggunaan Gawai pada Anak-Anak Prasekolah di Desa Keude Ulim Kecamatan Ulim)
Tutia Rahmi, 180305055, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Melihat semakin pesatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, gawai tidak hanya digunakan oleh kalangan dewasa bahkan anak-anak sudah menggunakannya, maka peran orangtua adalah memberikan informasi serta pengasuhan yang tepat mengenai penggunaan gawai yang sesuai dengan usia anak. Peran inilah yang akan dilihat lebih lanjut di Desa Keude Ulim Kecamatan Ulim. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran orangtua dalam membatasi penggunaan gawai pada anak-anak prasekolah di Desa Keude Ulim. Teori yang digunakan adalah teori peran yang dikemukakan oleh Ralph Linton. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orangtua sudah membatasi penggunaan gawai pada anak-anak prasekolah dengan cara membatasi waktu anak menggunakan gawai merupakan salah satu strategi yang dilakukan orangtua agar anak tidak bergantung banyak pada gawainya, mengajak anak melakukan aktivitas diluar rumah dan orangtua terlibat secara langsung dalam mendampingi dan membatasi penggunaan gawai pada anaknya sehingga penggunaan gawai pada anak anak prasekolah menjadi terkontrol dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Tutia Rahmi Tutia
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:13
Last Modified: 03 Feb 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26293

Actions (login required)

View Item
View Item