Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Dalam Membangun Pemahaman Masyarakat Untuk Mewujudkan Desa Tangguh Bencana

Edwin Firza, 170401004 (2023) Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Dalam Membangun Pemahaman Masyarakat Untuk Mewujudkan Desa Tangguh Bencana. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Dalam Membangun Pemahaman Masyarakat Untuk Mewujudkan Desa Tangguh Bencana] Text (Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Dalam Membangun Pemahaman Masyarakat Untuk Mewujudkan Desa Tangguh Bencana)
Edwin Firza, 170401004, FDK, KPI, 082210762979.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Dalam Membangun Pemahaman Masyarakat Untuk Mewujudkan Desa tangguh bencana”. Latar belakang penelitian ini yaitu potensi bencana alama yang terjadi di Kabupaten Aceh Tengah berdasarkan letak geografis yang rawan terhadap bencana alam bembuat peneliti tertarik melihat komunikasi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melaui Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) untuk mewujutkan desa tangguh bencana. Tujuan penelitian ini untuk melihat sejauhmana pemahaman masyarakat Kabupaten Aceh Tengah terhadap antisipasi untuk mengurangi dampak-dampak yang ditibulkan oleh bencana alam. Selain itu juga untuk mengetahui bentuk komunikasi yang dilakukan pemerintah kabupaten Aceh Tengah dalam mewujudkan program desa tangguh bencana (DESTANA) serta hasil komunikasi yang dilakukan pemerintah. Teori yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah teori komunikasi Model Lasswell dan metode kualitatif deskriptif dengan cara menganalisis data dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data, keabsahan data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian Strategi yang digunakan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tengah untuk mewujudkan Desa Tangguh Bencana melalui dua cara, perencanaan strategi dan implementasi strategi. Implementasi strategi dilakukan dengan program seminar, sosialisasi dan penyuluhan. Bentuk komunikasi yang dilakukan berupa komunikasi kelompok dan komunikasi massa. Srategi komunikasi yang dilakuakan oleh BPBD masih belum maksimal. Masyarakat masih kurang kesadaran terhadap lingkunganya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Edwin Firza
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:51
Last Modified: 02 Feb 2023 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26294

Actions (login required)

View Item
View Item