Pengelolaan Kelas Unggul Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mtsn 1 Banda Aceh.

Nadhirah, 180206120 (2023) Pengelolaan Kelas Unggul Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mtsn 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Kelas Unggul Dalam  Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mtsn 1 Banda Aceh] Text (Pengelolaan Kelas Unggul Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mtsn 1 Banda Aceh)
Nadhirah, 180206120, FTK, MPI, 082360337267.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dalam pengelolaan kelas unggul, adanya kesenjangan antara kelas unggul dan kelas reguler, kesenjangan ini berupa pengklasifikasian kelompok tertentu, namun pengelolaan kelas unggul tersebut, merupakan salah satu faktor dalam peningkatan mutu pendidikan, di dalam Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor Tahun 2003 juga mengatur kelas unggul bagi peserta didik yang memiliki kemampuan khusus dan kecerdasan istimewa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi kelas unggul dalam peningkatan mutu pendidikan di MTsN 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru kelas unggul. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). perencanaan kelas unggul sudah berjalan dengan baik, sarana dan prasarana yang terdapat di MTsN 1 banda Aceh sudah memadai, perencanaan sumber daya manusia juga dipilih berdasarkan kualitas dan keahlian sesuai dibidangnya, perencanaan kurikulum juga disusun sesuai prosedur dan visi misi madrasah, penerimaan siswa baru melalui seleksi khusus dan umum dengan kriteria tertentu, dalam perencanaan pembelajaran di kelas unggul adanya rapat dan pengambilan keputusan bersama stakeholders. 2). Pelaksanaan kelas unggul dalam peningkatan mutu pendidikan di MTsN 1 Banda Aceh sudah dijalankan dengan baik, hanya saja sarana prasarana seperti lab bahasa masih belum ada perbaikan. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, sudah ditentukan dan disusun sesuai dengan kurikulum yang dikembangkan agar pendidikan berjalan secara optimal. 3). Evaluasi pelaksanaan kelas unggul dilakukan dengan melihat prestasi siswa kelas unggul dengan mengadakan tes ulang melalui tes khusus, untuk melihat pencapaian dan komptensi dalam pelaksanaan kelas unggul tersebut. Serta masih terbatasnya guru yang mengajar di kelas riset dalam karya tulis ilmiah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas Unggul, Mutu Pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nadhirah Nadhirah
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:49
Last Modified: 02 Feb 2023 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26297

Actions (login required)

View Item
View Item