Identifikasi Problema Pengrajin Enceng Gondok Di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat

Tiara Wulan Dewi, 170402016 (2022) Identifikasi Problema Pengrajin Enceng Gondok Di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Problema Pengrajin Enceng Gondok Di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat] Text (Identifikasi Problema Pengrajin Enceng Gondok Di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat)
Tiara Wulan Dewi, 170402016, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tumbuhan enceng gondok adalah tumbuhan yang dianggap tidak berguna oleh sebagian masyarakat. Namun bagi orang yang kreatif, tumbuhan enceng gondok dapat diolah menjadi berbagai barang kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi. Akan tetapi dalam mengembangkan usaha kerajinan, para pengrajin mengalami berbagai masalah yang membuat usaha kerajinan enceng gondok yang mereka tekuni tidak berkembang. Oleh karena itu masalah utama penelitian ini di fokuskan pada: apa masalah-masalah yang dihadapi pengrajin enceng gondok di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat, apa harapan yang didambakan oleh pengrajin enceng gondok di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat, apa kendala pemasaran yang dialami pengrajin enceng gondok di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat, bagaimana masalah modal usaha yang diperlukan pengrajin enceng gondok di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengupulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) masalah-masalah pengrajin enceng gondok yaitu masalah ekonomi keluarga, masalah sumber daya manusia, masalah pekerjaan lain yang lebih menjanjikan. (2) harapan-harapan pengrajin enceng gondok yaitu agar pemerintah memberikan perhatian terhadap usaha para pengrajin, agar usaha ini lebih berkembang. (3) kendala pemasaran para pengrajin yaitu tidak ada penampung, belum ada strategi pemasaran yang jelas, masalah harga, masalah ongkos kirim, dan letak desa yang terisolir. (4) masalah modal usaha yang di perlukan oleh para pengrajin enceng gondok adalah terkait bahan baku selain enceng gondok seperti H2O2 dan beberapa alat penunjang seperti mesin press.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Tiara Wulan Dewi Tiara
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:23
Last Modified: 03 Feb 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26304

Actions (login required)

View Item
View Item