Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Four- Tier Diagnostic Test Pada Materi Pesawat Sederhana Di MTsN 1 Banda Aceh.

Nur Annisa, 180204103 (2023) Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Four- Tier Diagnostic Test Pada Materi Pesawat Sederhana Di MTsN 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Four- Tier Diagnostic Test Pada Materi Pesawat Sederhana Di MTsN 1 Banda Aceh] Text (Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Four- Tier Diagnostic Test Pada Materi Pesawat Sederhana Di MTsN 1 Banda Aceh)
Nur Annisa, 180204103, FTK, PFS, 082237973463.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan ketidakcocokan suatu konsep yang disusun oleh peserta didik dengan konsep para ahli. Miskonsepsi pada peserta didik apabila dibiarkan akan berdampak pada penerimaan konsep selanjutnya. Jadi sangat penting bagi guru untuk mengenali miskonsepsi beserta penyebabnya yang terjadi pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi pesawat sederhana di MTsN 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dilakukan pada 35 peserta didik di kelas VIII-1 MTsN 1 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen penelitian four tier diagnostic tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang paham (P) sebesar 45,71%, tidak paham konsep (TPK) sebesar 19,68%, dan miskonsepsi (M) sebesar 34,60%. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa masih terdapat peserta didik yang mengalami miskonsepsi karena kurangnya pemahaman pada materi materi pesawat sederhana. Kesimpulan dapat diperoleh bahwa peserta didik kelas VIII-1 MTsN 1 Banda Aceh yang mengalami miskonsepsi dengan keseluruhan persentase sebesar 34,60% termasuk kedalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Four Tier Diagnostic Test, Miskonsepsi dan Pesawat Sederhana.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Annisa Nisa
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:23
Last Modified: 03 Feb 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26305

Actions (login required)

View Item
View Item