Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA Negeri 2 Timang Gajah

Elina`, 180206017 (2023) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA Negeri 2 Timang Gajah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA Negeri 2 Timang Gajah] Text (Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA Negeri 2 Timang Gajah)
Elina, 180206017, FTK, MPI, 082277094077.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Guru yang kurang disiplin dalam melaksanakan prose belajar mengajar seperti guru yang terlambat masuk kedalam kelas saat jam pembelajaran telah dimulai ini dapat menyebabkan kegiatan belajar mengajar tidak berjalan secara efektif dan tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai secara maksimal, sehingga akan berpengaruh terhadap mutu pembelajaran sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah serta bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 2 Timang Gajah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil bidang kurikulum dan guru bidang studi. Analisis data menggunakan teori triangulasi sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data dengan membandingkan hasil wawancara dan dokumentasi untuk mengecek kebenaran data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri 2 Timang Gajah merupakan pemimpin yang hambel, tidak membebani semua pekerjaan kepada bawahan dan tidak pula mengerjakan pekerjaannya sendiri tampa bantuan dari bawahannya, selalu mendengarkan nasihat dari bawahan dan juga menghargai setiap potensi pada bawahannya, sehingga dapat dikatakan gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri 2 Timang Gajah merupakan gaya kepemimpinan demokratis. Kedua, dalam menjalankan peran sebagai seorang pemimpin kepala sekolah SMA Negeri 2 Timang Gajah sudah menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin, akan tetapi kepala sekolah belum menjalankan perannya sebagai administrator karena segala aktivitas yang berkaitan dengan administrasi itu dijalankan oleh Tata Usaha (TU).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Elina Elina
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:17
Last Modified: 03 Feb 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26306

Actions (login required)

View Item
View Item