Peran Keuchik Dalam Menyelesaikan Konflik di Gampong Ujung Pasir, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan

Rini Primadian Putri, 180403034 (2022) Peran Keuchik Dalam Menyelesaikan Konflik di Gampong Ujung Pasir, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Keuchik Dalam Menyelesaikan Konflik di Gampong Ujung Pasir, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan] Text (Peran Keuchik Dalam Menyelesaikan Konflik di Gampong Ujung Pasir, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan)
Rini Primadian Putri, 180403034, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Peran Keuchik Dalam Menyelesaikan Konflik Di Gampong Ujung Pasir, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan” adapun permasalahan yang terjadi dalam penelitian adalah bahwasanya masih banyak sekali terjadi konflik pada masyarakat padahal sudah dilakukan penyelesaian oleh keuchik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran keuchik dalam menyelesaikan konflik di Gampong Ujung Pasir, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan, dan apa saja kendala atau hambatan yang dihadapi oleh keuchik dalam menyelesaikan konflik yang terjadi di Gampong Ujung Pasir, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Informan dalam penelitian ini terdiri dari keuchik, imum chiek, tuha peut, korban konflik, dan beberapa masyarakat Gampong Ujung Pasir, pemilihan informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu menguraikan serta menginterprestasikan data yang diperoleh di lapangan dari para informan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) konflik-konflik yang terjadi di Gampong Ujung Pasir, yaitu sengketa lahan kebun, persoalan rumah tangga yang meliputi kekerasan dalam rumah tangga, perselingkuhan, dan kecemburuan dalam keluarga, kemudian tindak kriminal.
(2) kendala atau hambatan yang dihadapi keuchik dalam menyelesaikan konflik di Gampong Ujung Pasir diantaranya tumpang tindih antara hukum adat Gampong dengan hukum positif, kesediaan masyaraat yang bersengketa untuk membayar denda/sanksi adat, dan keterbatasan dari keuchik dalam menyelesaikan konflik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Rini Primadian Putri Rini
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:12
Last Modified: 03 Feb 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26307

Actions (login required)

View Item
View Item