Hubungan Program Mentoring Pada Ma’had Al-Jami’ah Dengan Akhlakul Karimah Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry

Shella Oetharry Gunawan, 180403007 (2023) Hubungan Program Mentoring Pada Ma’had Al-Jami’ah Dengan Akhlakul Karimah Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Hubungan Program Mentoring Pada Ma’had Al-Jami’ah Dengan Akhlakul Karimah Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry] Text (Hubungan Program Mentoring Pada Ma’had Al-Jami’ah Dengan Akhlakul Karimah Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry)
Shella Oetharry Gunawan, 180403007, FDK, MD, 085212298851 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Hubungan Program Mentoring Pada Ma’had Al-Jami’ah dengan Akhlakul Karimah Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry”. Program mentoring merupakan sebuah model pembinaan dan pengembangan karakter generasi muda muslim yang telah tersebar secara luas disekolah-sekolah dan di kampus-kampus. Pembentukan karakter merupakan bagian integral dalam pendidikan islam. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian berperilaku jujur, bertanggung jawab, menghormati orang lain serta menghargai orang lain. Pokok masalah dalam skripsi ini adalah masih kurangnya ditunjukkan akhlakul karimah Mahasiswa Fakultas Dakwah dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel independen (P rogram Mentoring) dengan variabel dependen (Akhlakul Karimah Mahasiswa). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik survey. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry yang telah mengikuti Program Mentoring pada Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampel atau sampel jenuh, sampel pada penelitian ini ditetapkan 93 orang yang merupakan Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry yang sudah lulus pada Program Mentoring pada Ma’had Al-Jami’ah. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data peneliti menggunakan metode statistik, data di uji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji residual, uji heteroskedastisitas, uji korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi dan uji signifikansi (uji t), dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 22. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara Program Mentoring pada Ma’had Al-Jami’ah dengan Akhlakul Karimah Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry. Hal ini dibuktikan dengan besarnya nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,478. Hasil perhitungan yang dilakukan peneliti memperoleh t hitung > t tabel ( 5,195 > 1,98638 ), dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada hubungan Program Mentoring (Variabel Independen) dengan Akhlakul Karimah Mahasiswa (Variabel Dependen). Adapun tingkat presentasi hubungannya yaitu sebesar 22,9% sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor hubungan lainnya sebesar 77,1% yang tidak peneliti teliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Shella Oetharry Gunawan
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:21
Last Modified: 03 Feb 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26313

Actions (login required)

View Item
View Item