Jaminan Kualitas Produk Pada Transaksi Jual Beli di Marketplace Shopee Dalam Perspektif Akad Bai’ Salam

Sayed Umar Al Zahir, 180102059 (2023) Jaminan Kualitas Produk Pada Transaksi Jual Beli di Marketplace Shopee Dalam Perspektif Akad Bai’ Salam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Jaminan Kualitas Produk  Pada Transaksi Jual Beli di Marketplace Shopee Dalam Perspektif Akad  Bai’ Salam] Text (Jaminan Kualitas Produk Pada Transaksi Jual Beli di Marketplace Shopee Dalam Perspektif Akad Bai’ Salam)
Sayed Umar Al Zahir (180102059).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Jaminan kualitas produk sangat diperlukan dalam transaksi jual beli karena hal tersebut merupakan salah satu syarat sah nya jual beli, jika tidak terpenuhinya syarat sah jual beli maka jual beli tersebut menjadi fasid, maka dari itu shopee menghadirkan spesifikasi dari sebuah produk dan review dari pembeli sebelumnya, namun demikian masih ada pejual yang berbuat curang dengan menampilkan spesifikasi produk yang bagus tapi ketika sampai di tangan pembeli produk tersebut cacat atau tidak sesuai dengan deskripsi, pembeli akan merasa dirugikan dan akan meminta pertanggung jawaban dari penjual, dengan demikian penulis ingin mengetahui tentang jaminan kualitas produk yang dijual pada marketplace shopee, permasalahan dalam skripsi ini adalah ; (1) Bagaimana bentuk pertanggungjawaban penjual terhadap kualitas produk yang dijual pada marketplace shopee ? (2) Bagaimana perjanjian yang dilakukan oleh manajemen marketplace shopee dengan pihak penjual dalam perjaminan kualitas produk yang akan dijual pada konsumen ? (3) Bagaimana perspektif mabi’ pada akad bai’ terhadap jaminan kualitas produk pada transaksi jual beli di marketplace shopee. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan analisis deskriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan melihat kembali hasil wawancara yang telah dikumpulkan, lalu pengelolahan data melalui proses penyutingan. Penulis menyimpulkan bahwa bentuk pertanggung jawaban penjual terhadap kualitas produk pada situs Shopee ialah ada yang mau bertanggung jawab dan ada pula yang tidak mau bertanggung jawab, karena sebelumnya penjual telah memberikan informasi secara lengkap dan benar mengenai garansi produk yang ditawarkan pada kolom bagian deskripsi.Transaksi jual beli di marketplace shopee dalam perspektif mabi’ pada akad bai salam ini tidak sah, dikarenakan terdapat unsur gharar (penipuan), produk yang diterima oleh konsumen tidak sesuai dengan yang di deskripsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sayed Umar Al Zahir Sayed
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:34
Last Modified: 03 Feb 2023 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26314

Actions (login required)

View Item
View Item