Kekerasan Seksual Terhadap Anak Di Dayah Kota Lhokseumawe (Studi Kasus Dayah di Kota Lhokseumawe)

Firdaus Zulfikri, 160104057 (2023) Kekerasan Seksual Terhadap Anak Di Dayah Kota Lhokseumawe (Studi Kasus Dayah di Kota Lhokseumawe). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Kekerasan Seksual Terhadap Anak Di Dayah Kota Lhokseumawe (Studi Kasus Dayah di Kota Lhokseumawe)] Text (Kekerasan Seksual Terhadap Anak Di Dayah Kota Lhokseumawe (Studi Kasus Dayah di Kota Lhokseumawe))
Firdaus Zulfikri, 160104057, FSH, HPI, 085325769500.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kasus kekerasan seksual terhadap anak tidak hanya terjadi di dalam rumah melainkan di lingkungan pendidikan seperti Dayah. Lembaga pendidikan agama (dayah) seharusnya menjadi wadah mendidik karakter pribadi dan akhlaqul karimah bagi peserta didik tetapi, faktanya sangat berbanding terbalik dengan fenomena praktik kekerasan seksual yang dilakukan oleh pendidik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa yang melatarbelakangi terjadinya kekerasan seksual sejenis di lingkungan dayah dan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan sebagai penanggulangan terhadap kekerasan seksual sejenis di lingkungan dayah. Penelitian ini mennggunakan teknik pengumpulan data melalui Wawancara. Wawancara merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan berhadapan secara langsung antara peneliti dengan narasumber yang terkait dengan permasalahan. Selanjutnya, peneliti melakukan penelitian studi pustaka (library research), yaitu dengan mempelajari dan meneliti sejumlah buku-buku, karya ilmiah, dan dokumen-dokumen yang memiliki kaitan dengan topik yang diteliti. Data-data yang telah terkumpul, selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk menemukan fakta-fakta dan memberikan gambaran atau mendeskripsikan permasalah yang akan dibahas, serta menganalisanya sesuai dengan bahan yang ada. Hasil penelitian menyatakan Faktor yang melatarbelakangi terjadinya kekerasan seksual sejenis di lingkungan dayah, yaitu karena adanya gangguan jiwa terhadap diri si pelaku misalnya si pelaku mengalami nafsu seks abnormal, kurangnya pendidikan dan agama, akibat pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi; dan upaya penanggulangan kekerasan seksual sejenis di lingkungan dayah, yaitu memberikan himbauan kepada orangtua untuk mengawasi anaknya dan mengawasi sang anak, untuk melakukan patroli rutin yang dilakukan oleh pihak Kepolisian secara intensif, melakukan pengawasan yang sangat ketat di daerah-daerah yang dianggap rawan terjadinya kejahatan, melakukan penyuluhan hukum kepada santri yang menghuni dayah mengenai bahaya perbuatan pelecehan seksual yang kemungkinan akan menimpanya, melakukan kerjasama dengan mmasyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan seperti mengaktifkan ronda malam dan siskamling

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Firdaus Zulfikri
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:27
Last Modified: 03 Feb 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26342

Actions (login required)

View Item
View Item