Strategi Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Dalam Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM)

Dandi Febri Liandi, 160801010 (2022) Strategi Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Dalam Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Usaha Pangan] Text (Pengembangan Usaha Pangan)
Dandi Febri Liandi, 160801010, FISIP, IP, 082276522003.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kebijakan pemerintah Aceh Selatan dalam menjamin ketahanan pangan khususnya pada bidang tanaman padi masih belum maksimal karna itu dibutuhkan peningkatan jumlah lahan dan produksi padi di Kabupaten Aceh Selatan, namun Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tujuan bagaimana strategi Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dalam pengembangan usaha pangan masyarakat dan apa saja peluang dan tantangan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dalam pengembangan usaha pangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan suatu metode yang kita kenal dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: strategi pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dalam pengembangan usaha pangan masyarakat ialah dengan membentuk balai penyuluh, sosialisasi pengembangan dan ketahanan pangan masyarakat, pemberian bibit dan pupuk kepada masyarakat petani, penambahan irigasi, mengembangkan kawasan agropolitan dan menetapkan kawasan strategis lumbung padi di Kabupaten Aceh Selatan,adapun peluang Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dalam pengembangan usaha pangan masyarakat kuatnya kerja sama elemen pemerintah dalam pengembangan usaha pangan masyarakat, tersediaanya benih yang unggul, semangat masyarakat dalam Bertani yang tinggi, ketersediaan lahan pertanian pangan yang memadai, dukungan fasilitas dan obat-obatan yang cukup. Sedangkan tantangan Pemerintah Aceh Selatan dalam pengembangan usaha pangan alokasi anggaran yang terbatas, serangan penyakit dan hama terhadap usaha tani masyarakat, terjadinya gagal panen dan tenaga sumber daya manusia petani yang masih minim.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Dandi Febri Liandi Dandi
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:29
Last Modified: 03 Feb 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26346

Actions (login required)

View Item
View Item