Pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Santri di Dayah Darul Huda Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan

Sara Mutia, 180403058 (2022) Pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Santri di Dayah Darul Huda Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Santri] Text (Pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Santri)
Sara Mutia, 180403058, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengelolaan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Santri di Dayah Darul Huda kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan” Fokus Kajian ini adalah terkait model pengelolaan sumber daya manusia dan kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri di Dayah Darul Huda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan sumber daya manusia di dayah darul huda dan kendala apa saja yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri di dayah darul huda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pengelolaan sumber daya manusia di dayah darul huda yaitu merujuk kepada manajerial yang pada proses pengelolaan melibatkan fungsi manajemen sumber daya manusia. sendiri. Peningakatn kualitas pendidikan sangat diperlukan untuk kemajuan dayah. Suatu dayah dapat berjalan dengan baik apabila kualitas sumber daya manusianya dikelola dengan benar dan dana atau anggaran yang digunakan tercukupi. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan santri terdapat berbagai kendala yang dihadapi dayah darul huda, pertama kendala internal seperti kendala kurangnya dana atau anggaran untuk kelengkapan fasilitas dayah, pembiayaan tenaga pengajar, kurangnya sumber daya manusia dan lainnya. Kedua kendala eksternal baik yang datang dari pengajar ataupun dari santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Sara Mutia Sara
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:12
Last Modified: 03 Feb 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26350

Actions (login required)

View Item
View Item