Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie

Cut Nurmasyithah Antasha, 180901109 (2022) Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie] Text (Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie)
Cut Nurmasyithah Antasha, 180901109.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Bullying sebagai tindakan bermusuhan yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk seperti menyakiti melalui ancaman agresi menimbulkan terror. Iklim sekolah yang positif dapat menurunkan tingkat perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik ini digunakan karena peneliti mengambil semua populasi yang berjumlah 251 siswa dijadikan sebagai sampel. Penelitian Instrumen menggunakan dua skala, yaitu skala iklim sekolah yang disusun berdasarkan aspek dari Gage and Larson dan perilaku bullying yang disusun berdasarkan aspek dari Coloroso. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi rho (p) dari Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi (p) sebesar -0,593 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p<0,05), menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa SMA Negeri 1 Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Artinya semakin positif iklim sekolah, maka semakin rendah perilaku bullying pada siswa. Begitupula sebaliknya, semakin negatif iklim sekolah, maka semakin tinggi perilaku bullying pada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Cut Nurmasyithah Antasha
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:32
Last Modified: 03 Feb 2023 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26354

Actions (login required)

View Item
View Item