Anak Muda dan Gerakan Filantropi Berbasis Media Sosial (Studi Kasus Gerakan Jum’at Berkah di Kabupaten Aceh Barat Daya)

Nazirah Musalmi Salwa, 180305004 (2022) Anak Muda dan Gerakan Filantropi Berbasis Media Sosial (Studi Kasus Gerakan Jum’at Berkah di Kabupaten Aceh Barat Daya). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Anak Muda dan Gerakan Filantropi Berbasis Media Sosial (Studi Kasus Gerakan Jum’at Berkah di Kabupaten Aceh Barat Daya)] Text (Anak Muda dan Gerakan Filantropi Berbasis Media Sosial (Studi Kasus Gerakan Jum’at Berkah di Kabupaten Aceh Barat Daya))
Nazirah Musalmi Salwa, 180305004.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Gerakan Filantropi yang dilakukan oleh kelompok anak muda ini di namakan dengan gerakan Jumat Berkah gerakan ini suatu komunitas sosial. Anak muda dalam komunitas ini sangat antusias dalam membantu masyarakat yang kurang mampu dan anak muda ini sangat mempergunakan media sosial dalam hal positif yang mana mereka mempublikasi kegiatan yang dilakukan melalui sosial media yang dominan pada Wathsapp dan Instagram dalam membantu menggalang donasi mellaui postingan. Dalam penelitian ini penulis mengambil teori Gerakan Sosial tentang perilaku kolektif menurut Charles Tilly. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mengunakan metode deskriptif, data dikumpul dari hasil opservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gerakan filantropi dalam gerakan Jumat Berkah ini Penerima bantuan fokus pada fakir miskin, anak yatim dan janda tua dan janda tanggungan anak. Gerakan ini sangat membantu masyarakat fakir miskin dan menjadi contoh positif untuk masyarakat lainnya. Donasi didapatkan dalam gerakan ini sepenuhnya dapat dari donatur ikut bersedekah donasi tidak hanya berupa uang tetapi juga barang. Terdapat empat proses tahapan dalam pelaksanaan dan dapat disimpulkan bahwa ada kompanye, menemukan subjek, realisasi dan laporan evaluasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Nazirah Musalmi Salwa Salwa
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:15
Last Modified: 03 Feb 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26356

Actions (login required)

View Item
View Item