Evaluasi Penerapan Bimbingan Manasik Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang

Dakia Khatthafullah, 180403033 (2023) Evaluasi Penerapan Bimbingan Manasik Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Evaluasi Penerapan Bimbingan Manasik Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang] Text (Evaluasi Penerapan Bimbingan Manasik Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang)
Dakia Khatthafullah, 180403033, FDK, MD, 082277605870.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Evaluasi Penerapan Bimbingan Manasik Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi penyelengraan bimbingan manasik haji di kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, dan untuk mengetahui inovasi/pembaharuan yang akan dilakukan dalam penyelenggraan bimbingan manasik haji di kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi penyelenggraan bimbingan manasik haji di kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang dilakukan dengan bertahap, mulai dari selesainya kegiatan, selesainya pelaksanaan dan keberangkatan jamaah, dan juga dilakukan evaluasi di akhir tahun. Adapun evaluasi yang dilakukan yakni menyangkut pemahaman jamaah tentang rukun haji, wajib haji, sunnah ibadah haji, doa-doa dalam pelaksanaan haji, persiapan untuk keberangkatan dan kepulangan para jamaah haji, proses penyelenggaraan ibadah haji mulai dari pemberangkatan, fase armuzna, hingga jemaah haji sampai ke tanah air berjalan dengan lancar. Sedangkan inovasi/pembaharuan yang akan dilakukan dalam penyelenggraan bimbingan manasik haji di kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang dengan menbahkan waktu manasik haji atau di percapat supaya mampu terserap ilmu dengan baik oleh calon jamaah, akan membuat video tutorial pelaksanaan rukun-rukun haji dan di upload di youtube agar bisa ditonton setiap saat, dan akan lebih ditingkatkan kembali mutu layanan kepada jamaah haji agar jamaah haji lebih nyaman dalam melaksanakan ibadah hajinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Dakia Khatthafullah Dakia
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:17
Last Modified: 03 Feb 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26358

Actions (login required)

View Item
View Item