Desain Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP/MTs

Nirwana Harahap, 180204091 (2023) Desain Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Desain Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP/MTs] Text (Desain Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP/MTs)
Nirwana Harahap, 180204091, FTK, PFS, 082261612497 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendesain media pembelajaran pop up book pada materi tata surya dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran pop up book pada materi tata surya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R & D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang memiliki beberapa tahapan yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) tahap pengembangan (develop) dan tahap terakhir yaitu tahap menguji coba (disseminate). Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli ahli yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi pembelajaran. (1) desain media pembelajaran pop up book dilengkapi dengan materi,mini game, LKPD, uji kompetensi UNBK, gambar yang bergerak jika dibuka dan ilustrasi yang menarik perhatian peserta didik. (2) Desain pop up book ini dibuat menarik dan hasil validasi ahli media mendapatkan dengan persetase kelayakan 87,7% berkategori sangat layak sedangankan hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase kelayakan 94, 9% berkategori sangat layak. maka media pop-up book dikategorikan sangat layak digunakan pada materi Tata Surya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nirwana Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:22
Last Modified: 03 Feb 2023 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26359

Actions (login required)

View Item
View Item