Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Gallery Walk Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Panton Luas Baru Aceh Selatan

Darma Handayani, 180209048 (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Gallery Walk Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Panton Luas Baru Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model  Pembelajaran Gallery Walk] Text (Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Gallery Walk)
Darma Handayani, 180209048, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Hasil belajar IPA di kelas IV SDN Panton Luas Baru Aceh Selatan masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena proses belajar mengajar yang kurang menyenangkan, dikarenakan kurangnya variasi dalam menerapkan model pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar IPA peserta didik. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar tercapai adalah dengan menggunakan model pembelajaran gallery walk, dengan model pembelajaran ini dapat melatih siswa dalam berkelompok, dapat memotivasi keaktifan peserta didik dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Panton Luas Baru Aceh Selatan. Rancangan penelitian ini bersifat pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Panton Luas Baru Aceh Selatan, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas IV sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi aktivitas siswa. Data tersebut dihitung menggunakan rumus. Analisis data hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t dengan kriteria pengambilan yaitu nilai signifikan < 0,05 maka Ho ditolak dan signifikan > 0,05
Ho diterima. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikan (sig one tailed) sebesar
0,001. Karena 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Panton Luas Baru Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Darma Handayani Darma
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:24
Last Modified: 03 Feb 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26364

Actions (login required)

View Item
View Item