Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMA N 5 Banda Aceh

Nova Uria, 160213010 (2022) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMA N 5 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMA N 5 Banda Aceh.] Text (Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMA N 5 Banda Aceh.)
Nova Uria, 160213010, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kedisiplinan merupakan suatu bentuk kepatuhan individu terhadap peraturan-peraturan yang telah ditentukan. Berperilaku disiplin sangat penting untuk diterapkan karena, sekolah yang tertib, aman, dan teratur merupakan syarat agar terlaksanya proses belajar mengajar dengan optimal. Namun, permasalahan dalam kedisiplinan sering menjadi topik perbincangan hangat sehingga diperlukan latihan dalam menanamkan kedisiplinan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMA N 5 Banda Aceh sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Populasi penelitian adalah kelas X dengan kedisiplinan tinggi, sedang, dan rendah. Sampel penelitian berjumlah 8 peserta didik dipilih melalui purposive sampling. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test Design. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala kedisiplinan. Setelah memperoleh data di analisis menggunakan pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 20, diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 8.010 > 1.860 pada taraf signifikan 0,05. Artinya terjadi peningkatan pada kedisiplinan peserta didik SMA N 5 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nova Uria Nova
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:24
Last Modified: 03 Feb 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26365

Actions (login required)

View Item
View Item