Penyelesaian Tindak Pidana Ringan Berdasarkan Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2008 Tentang Kehidupan Adat Istiadat (Studi Penyelesaian Di Gampong Jantho Makmur, Bukit Meusara Dan Weu, Kec. Kota Jantho Kab. Aceh Besar).

Zaqi Lisan, 170104108 (2023) Penyelesaian Tindak Pidana Ringan Berdasarkan Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2008 Tentang Kehidupan Adat Istiadat (Studi Penyelesaian Di Gampong Jantho Makmur, Bukit Meusara Dan Weu, Kec. Kota Jantho Kab. Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penyelesaian Tindak Pidana Ringan Berdasarkan Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2008 Tentang Kehidupan Adat Istiadat  (Studi Penyelesaian Di Gampong Jantho Makmur, Bukit Meusara Dan Weu, Kec. Kota Jantho Kab. Aceh Besar)] Text (Penyelesaian Tindak Pidana Ringan Berdasarkan Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2008 Tentang Kehidupan Adat Istiadat (Studi Penyelesaian Di Gampong Jantho Makmur, Bukit Meusara Dan Weu, Kec. Kota Jantho Kab. Aceh Besar))
Zaqi Lisan, 170104108, FSH, HPI, 082349037889.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kasus pencurian hewan yang terjadi di Gampong Jantho Makmur Kec. Kota Jantho Kab. Aceh Besar diselesaikan secara adat Gampong dan kedua belah pihak sepakat untuk damai. Pihak kedua berkewajiban untuk membayar denda kepada pihak pertama. Pencurian hewan ternak ini tergolong kedalam Tindakan Pidana Ringan yang mana telah melanggar Hukum. Permasalahan yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah yang pertama, Bagaimana praktik penyelesaian tindak pidana ringan di Gampong Jantho Makmur, Bukit Meusara dan Weu. Yang kedua, Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik penyelesaian tindak pidana ringan di Gampong Jantho Makmur, Bukit Meusara dan Weu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data lapangan (field research) dan data pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Praktik penyelesaian tindak pidana ringan berdasarkan Qanun Aceh No. 9 Tahun 2008 diselesaikan melalui tahapan musyawarah antara korban dan pelaku, upaya perdamaian, upaya mediasi, dan penyelesaian melalui lembaga adat. Kedua, tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian tindak pidana ringan di Gampong Jantho Makmur, maka dalam proses penyelesaiannya harus merujuk pada sistem penyelesaian yang mempunyai kedudukan sebagaimana yang diajarkan dalam agama Islam. Hukum sebagai zat bersumber dari ajaran Islam, sedangkan adat berfungsi sebagai sifat (pola-pola kelakuan) yang pada dasarnya dapat berubah. Oleh karena itu, hukum adat di Aceh yang saat ini di nilai dengan ajaran Islam diturunkan melalui Qanun Aceh No. 9 Tahun 2008.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana Ringan, Hukum Adat, Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Zaqi Lisan Zaqi
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:27
Last Modified: 03 Feb 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26366

Actions (login required)

View Item
View Item