Perilaku Sosial Remaja Akibat Adiksi Gadget (Studi di Gampong Lanting Kecamatan Teupah Tengah Kabupaten Simeulue)

Yosi Mairanti, 170404044Q (2023) Perilaku Sosial Remaja Akibat Adiksi Gadget (Studi di Gampong Lanting Kecamatan Teupah Tengah Kabupaten Simeulue). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Perilaku Sosial Remaja Akibat Adiksi Gadget (Studi di Gampong Lanting Kecamatan Teupah Tengah Kabupaten Simeulue)] Text (Perilaku Sosial Remaja Akibat Adiksi Gadget (Studi di Gampong Lanting Kecamatan Teupah Tengah Kabupaten Simeulue))
Yosi Mairanti, 170404044, FDK, PMI, 082218907676.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Gadget adalah alat elektronik yang memiliki fungsi khusus. Gadget memilki jenis yaitu handphone, laptop, ipead dan lain-lain. Gadget dapat menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan kita sehari-hari seperti komunikasi dengan mudah dan murah. Adapun tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku sosial remaja akibat adiksi gadget, untuk mengetahui strategi orang tua dan aparatur gampong dalam mengatasi perilaku yang bertentangan dengan norma-norma sosial. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yang terdiri 15 orang yaitu lima orang anak remaja, lima orang dari pada orang tua remaja, dan lima orang aparatur gampong. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa menunjukan adiksi gadget terhadap perilaku sosial remaja di gampong Lanting adalah ketergantungan yang berlebihan dengan menggunakan gadget yang berlebihan berdampak negatif pada perilaku sosial remaja tersebut. Salah satu dampak negatif dari adiksi gadget seperti penggunaannya yang sudah tidak terbatas waktu, susah mengontrol diri dari penggunaan gadget dan merasa ketergantungan akan gadget penggunaan gadget yang berlebihan terjadi kurangnya perilaku sosial terhadap teman sebaya atau orang-orang di sekitar sehingga menimbulkan dampak negatif dalam penggunaannya. Perilaku sosial yang menentang norma-norma sosial remaja tersebut yaitu membangkang, berbohong dan sebagainya. Dan upaya yang aparatur gampong lakukan memberikan pengarahan atau semacam nasehat yang terbaik dan tidak membiarkan sering bermain gadget di sekitaran lingkungan seperti balai desa.
Kata kunci: Perilaku Sosial Remaja Akibat Adiksi Gadget

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yosi Mairanti
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:10
Last Modified: 03 Feb 2023 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26368

Actions (login required)

View Item
View Item