Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Di SMP/MTs

Waliana, 180205072 (2023) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Di SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Di SMP/MTs] Text (Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Di SMP/MTs)
Waliana, 180205072, FTK, PMA, 082364210840.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Banyak kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal himpunan. Sehingga terdapat banyak kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan dalam proses penyelesaian soal himpunan. Oleh karena itu, diperlukannya analisis terhadap kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dan membantu siswa dalam menyelesaikan soal himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal matematika materi himpunan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas VII-2 SMP Negeri 4 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan yaitu tidak menuliskan diketahui dan ditanyakan dalam soal, permisalan sebelum membuat permodelan matematika, salah menentukan rumus, tidak menuliskan kesimpulan, dan tidak memeriksa kembali. Adapun bentuk kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan objek kajian matematika adalah kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan keterampilan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Waliana Waliana
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:03
Last Modified: 03 Feb 2023 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26376

Actions (login required)

View Item
View Item