Peran Ustaz-Ustazah Dalam Membimbing Anak Broken Home Guna Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri Di Dayah Darul Muta’allimin Desa Meulayo Kec. Blang Bintang Kab. Aceh Besar

Septi Wahyuni, 170402096 (2022) Peran Ustaz-Ustazah Dalam Membimbing Anak Broken Home Guna Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri Di Dayah Darul Muta’allimin Desa Meulayo Kec. Blang Bintang Kab. Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Ustaz-Ustazah Dalam Membimbing Anak Broken Home Guna Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri  Di Dayah Darul Muta’allimin Desa Meulayo Kec. Blang Bintang Kab. Aceh Besar] Text (Peran Ustaz-Ustazah Dalam Membimbing Anak Broken Home Guna Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri Di Dayah Darul Muta’allimin Desa Meulayo Kec. Blang Bintang Kab. Aceh Besar)
Septi Wahyuni, 170402096, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Ustaz-Ustazah dalam Membimbing Anak Broken Home Guna Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri di Dayah Darul Muta’allimin Desa Meulayo Kec. Blang Bintang Kab. Aceh Besar”. Latar belakang masalah disini menjelaskan bahwa santri yang berasal dari keluarga broken home sangat memerlukan sekali sosok ustaz-ustazah yang mampu membimbing mereka dalam hal meyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi, akan tetapi sayangnya disini ustaz-ustazah belum berperan penting dalam memberikan bimbingan terhadap terhadap santri broken home. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai bagaimana peran ustaz-ustazah dalam membimbing anak broken home guna meningkatkan kepercayaan diri santri di Dayah Darul Muta’allimin, apa saja peluang dan tantangan ustaz-ustazah dalam membimbing anak broken home guna meningkatkan kepercayaan diri santri di Dayah Darul Muta’allimin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ustaz dan ustazah dalam hal membimbing anak broken home guna meningkatkan kepercayaan diri santri di Dayah Darul Muta’allimin, untuk melihat apa peluang dan tantangan ustaz-ustazah dalam membimbing anak broken home guna meningkatkan kepercayaan diri santri di Dayah Darul Muta’allimin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informannya berjumlah 12 informan, diantaranya 3 ustaz dan 3 ustazah, 3 santri putra dan 3 santri putri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ustaz dan ustazah sangat berperan penting dalam proses santri broken home ini meningkatkan kepercayaan dirinya. Ustaz dan ustazah sangat berpeluang dalam hal membantu santri broken home ini meningkatkan kepercayaan diri karena santri ini sangat patuh dan mendengarkan saran maupun arahan dari ustaz-ustazah di Dayah Darul Muta’allimin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Septi Wahyuni Septi
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:15
Last Modified: 03 Feb 2023 04:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26380

Actions (login required)

View Item
View Item