Upaya Ustadzah Dalam Memotivasi Santri Mengamalkan Ilmu Di Dayah Madrasatul Qur’an Desa Baet Kec. Baitussalam Kab. Aceh Besar

Lidia Roza, 170402018 (2022) Upaya Ustadzah Dalam Memotivasi Santri Mengamalkan Ilmu Di Dayah Madrasatul Qur’an Desa Baet Kec. Baitussalam Kab. Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Ustadzah Dalam Memotivasi Santri Mengamalkan Ilmu Di Dayah Madrasatul Qur’an Desa Baet Kec. Baitussalam Kab. Aceh Besar] Text (Upaya Ustadzah Dalam Memotivasi Santri Mengamalkan Ilmu Di Dayah Madrasatul Qur’an Desa Baet Kec. Baitussalam Kab. Aceh Besar)
Lidia Roza, 170401018, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul, Upaya Ustadzah Dalam Memotivasi Santri Mengamalkan Ilmu Di Dayah Madrasatul Qur’an Desa Baet Kec. Baitussalam Kab. Aceh Besar. Yang menglatar belakangi penelitian ini adalah pada saat ini banyak ditemukan santri kurang mengamalkan ilmu yang telah diberikan di dayah Madrasatul Qur’an, Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya ustadzah dalam memotivasi santri mengamalkan ilmu di Dayah Madrasatul Qur’an Desa Baet Kec. Baitussalam Kab. Aceh Besar serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Ustadzah Dalam Memotivasi Santri Mengamalkan Ilmu di Dayah Madrasatul Qur’an Desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara dan studi dokumentasi. Dalam memotivasi santri mengamalkan ilmu di dayah Madrasatul Qur’an menggunakan upaya seperti memberikan nasehat/teguran kepada santri yang mendapat masalah, dengan memberikan solusi atau nasehat-nasehat dari ustadzah, memberikan arahan dan motivasi kepada santri mengenai pentingnya menuntut ilmu dan mengamalkan ilmu tanpa adanya paksaan dalam mengerjakannya. Faktor pendukung seperti adanya interaksi dan komunikasi yang baik antara ustadzah dan santri, adanya jiwa keikhlasan dari para ustadzah,dan adanya sistem asrama atau pemondokan. Dan faktor penghambat seperti kurangnya kesadaran santri mengikuti peraturan, kurangnya kesadaran santri dalam menuntut ilmu, dan belum bisa mengatur waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lidia Roza Lidia
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:09
Last Modified: 03 Feb 2023 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26391

Actions (login required)

View Item
View Item