Perancangan Sistem Informasi Pustaka Berbasis Web (E-Pustaka) Pada Smk Negeri 5 Telkom Banda AceH).

Novi Sara, 170212001 (2023) Perancangan Sistem Informasi Pustaka Berbasis Web (E-Pustaka) Pada Smk Negeri 5 Telkom Banda AceH). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Sistem Informasi Pustaka Berbasis Web  (E-Pustaka) Pada Smk Negeri 5 Telkom Banda Aceh] Text (Perancangan Sistem Informasi Pustaka Berbasis Web (E-Pustaka) Pada Smk Negeri 5 Telkom Banda Aceh)
Novi Sara, 170212001, FTK, PTI, 082340809805.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Lembaga bidang Pendidikan saat ini sangat memerlukan dan membutuhkan sebuah pengelolaan data yang efesien dan efektif. Hal tersebut tentunya untuk mendukung sebuah lembaga pendidikan tersebut agar menjadi menjadi lebih baik lagi. Salah satunya Aplikasi perpustakaan yang sebagai sarana utama yang bertanggung jawab atas informasi, yang dituntut agar memiliki kemudahan dalam mengakses informasi. Perancangan aplikasi e-pustaka berbasis web di SMKN 5 Telkom ialah perihal yang rumit, disebabkan banyaknya komik, novel dan e-book dari berbagai judul dan karangan. Pengelolaan data perpusnya juga masih secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel dan menulis didalam kertas dalam bentuk buku saat proses peminjaman dan pengembalian buku oleh siswa.Berkenaan dengan hal tersebut, maka E-pustaka yang dikembangkan ini diharapkan agar dapat membantu pihak staff perpus dalam mengelola data perpus dan proses peminjaman dan pengembalian buku. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode R&D (Research and Development), dengan pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Untuk analisis tingkat kemudahan sistem menggunakan metode pengujian Usability Testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi e-pustaka mudah digunakan dengan perolehan kriteria skor presentase 81,45% dengan kategori “Sangat Mudah”, sehingga dengan perolehan kategori tersebut, sistem informasi e-pustaka yang dikembang sudah memberikan kemudahan dalam pengelolaan dalam data yang berkaitan dengan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, E-Pustaka, Informasi, Perancangan, Sistem, Web
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: - Novi Sara Novi
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:10
Last Modified: 03 Feb 2023 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26393

Actions (login required)

View Item
View Item