Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Kecenderungan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Dara Maghfirah, 170901023 (2022) Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Kecenderungan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Regulasi Diri] Text (Regulasi Diri)
Dara Maghfirah, 170901023, FPSI, PSI, 085262744134.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Individu yang mempunyai kesulitan untuk melakukan sesuatu sesuai batas waktu yang telah ditentukan, sering mengalami keterlambatan, mempersiapkan sesuatu dengan sangat berlebihan, dan gagal dalam menyelesaikan tugas sesuai batas waktu yang telah ditentukan, dikatakan sebagai individu yang melakukan prokrastinasi. Oleh karena itu, prokrastinasi dapat dikatakan sebagai salah satu perilaku yang tidak efisien dalam menggunakan waktu dan adanya kecenderungan untuk tidak segera memulai suatu pekerjaan ketika menghadapi suatu tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara apakah ada hubungan antara regulasi diri dengan kecenderungan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi product moment. Alat ukur yang digunakan yaitu skala regulasi diri dan skala prokrastinasi. Jumlah populasi sebanyak 3.515 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 317. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik quota sampling. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi r = -0.746 dengan p = 0.000 yang berarti bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi pada mahasiswa yang menyelesaikan skripsi di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Artinya semakin tinggi regulasi diri yang dimiliki oleh mahasiswa maka semakin rendah prokrastinasi yang dimiliki mahasiswa, begitupun sebaliknya semakin rendah regulasi diri yang dimiliki oleh mahasiswa maka semakin tinggi prokrastinasi yang dimiliki oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Dara Maghfirah Dara
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:10
Last Modified: 03 Feb 2023 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26396

Actions (login required)

View Item
View Item