Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi iTALC Sebagai Pendukung Media Pembelajaran Pada Laboratorium Komputer SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah

Cut Taffazani Fithrian Nada, 170212085 (2022) Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi iTALC Sebagai Pendukung Media Pembelajaran Pada Laboratorium Komputer SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi iTALC  Sebagai Pendukung Media Pembelajaran Pada Laboratorium Komputer SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah] Text (Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi iTALC Sebagai Pendukung Media Pembelajaran Pada Laboratorium Komputer SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah)
Cut Taffazani Fithrian Nada.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan bagian penting dan tanggung jawab semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran. Guru yang berprofesi sebagai pengajar dan pendidik hendaknya meningkatkan kualitas pengajaran dengan berbagai variasi pendekatan baru dalam proses belajar mengajar seperti meninjau kembali strategi, model dan media yang digunakan pada saat proses belajar akan dilangsungkan. Penelitian ini terfokus pada pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi opensource yakni iTALC sebagai media yang mampu mengontrol dan memonitor kegiatan pembelajaran di laboratorium komputer SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Mata pelajaran yang dipilih adalah simulasi digital pada pokok bahasan materi peta minda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang berbentuk penelitian quasi eksperimen yaitu non-equivalent control group design. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen 81,11 dan kelas kontrol sebesar 71,11. Melalui uji t yang dilakukan, didapatkan nilai t-hitung (2,688)>t-tabel (1,675). Artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara dua kelas tersebut. Berdasarkan analisis angket respon efektivitas pemanfaatan iTALC dapat dijadikan sebagai media pemndukung dalam menunjang pembelajaran di laboratorium komputer SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah dengan hasil presentase rata-rata keseluruhan adalah (88,89%) dengan kategori sangat baik, yang mana iTALC dapat dijadikan alternatif media pendukung dalam membantu guru dalam merancang pembelajaran baru dengan gaya baru dan inovatif demi tercapainya tujuan pendidikan yang ideal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Cut Taffazani Fithrian Nada Nada
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:03
Last Modified: 03 Feb 2023 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26398

Actions (login required)

View Item
View Item