Game Chip Domino, dan Perubahan Prilaku Sosial Remaja di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya

Jial Ulhamdi, 170305062 (2022) Game Chip Domino, dan Perubahan Prilaku Sosial Remaja di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Chip Domino] Text (Chip Domino)
Jial Ulhamdi, 170305062, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Game Chip Domino adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan sambungan internet melalui jaringan handphone dan komputer. Penelitian ini berfokus pada perubahan perilaku sosial yang terjadi pada remaja pemain game chip domino dan dampak yang ditimbulkan oleh remaja. Pemain game chip domino dikecamatan suka makmue kabupaten nagan raya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat perubahan perilaku sosial remaja di kecamatan suka makmue kabupaten nagan raya.
Penelitian ini mengunakan metode kualitatif yang dalam bentuk deskriptif (Field Reserch). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Narasumber yang terdiri dari pemain aktif game chip domino, tgk, pemilik warung dan orang tua dari remaja, pemuda guru,dan masyarakat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, perubahan perilaku sosial yang terjadi diantaranya:dimana remaja sekarang kebanyakan sudah hilang rasa sopan santun, kurangnya rasa partisipasi dan kebiasaan begadang pada malam harinya. Kedua, dampak yang ditimbulkan diantaranya ada faktor internal yaitu karena remaja mengalami kebosanan dan minimnya aktivitas sehari-hari, sedangkan faktor eksternal dikarenakan kehidupan masyarakat seperti rayuan dari teman. ketiga, Perilaku sosial remaja kecamatan Suka Makmue sebelum dan sesudah mengenal game chip sangatlah berbeda, dimana yang dulu terbentuknya nilai sosia namun sekang terbentuk nilai individualisme pada remaja

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Jial Ulhamdi Jila
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:12
Last Modified: 03 Feb 2023 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26400

Actions (login required)

View Item
View Item