Potensi Start Up Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner Di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Banda Aceh Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Urban Teahouse Lampineung Banda Aceh)

Umma Sabrina Bahwita, 180602037 (2022) Potensi Start Up Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner Di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Banda Aceh Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Urban Teahouse Lampineung Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kuliner] Text (Kuliner)
Umma Sabrina Bahwita, 180602037, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Start up ekonomi kreatif subsektor kuliner merupakan bisnis yang banyak diminati oleh para wirausaha muda di Kota Banda Aceh saat ini, salah satunya adalah bisnis coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi start up wirausaha muda ekonomi kreatif subsektor kuliner di Urban Teahouse Lampineung Banda Aceh, strategi usaha kuliner Urban Teahouse di masa pandemi covid-19, dan pandangan ekonomi Islam terhadap usaha kuliner. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualiatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, dimana informan yang diwawancarai sebanyak 18 orang. Berdasarkan dari hasil kesimpulan bisnis kuliner dapat berpotensi start up apabila telah memenuhi karakteristik pasar bisnis start up pada umumnya. Strategi yang digunakan oleh Urban Teahouse adalah dengan memanfaatkan digital marketing yaitu berupa pemasaran di media sosial seperti di gofood, grabfood, dan instagram. Media sosial merupakan wadah yang sangat membantu wirausaha start up dalam mempertahankan usahanya agar tetap beroperasi di tengah wabah covid-19. Dengan media sosial, pelaku usaha dapat mempromosikan bisnisnya dengan mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Umma Sabrina Bahwita Umma
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:08
Last Modified: 03 Feb 2023 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26409

Actions (login required)

View Item
View Item