Peran Pendayagunaan Zakat,Infak, Sedekah (ZIS) dalam Pemberdayaan Anak Yatim (Studi di Rumah Yatim Ar-Rahman Banda Aceh)

Namirah Andra Dwina, 180602055 (2022) Peran Pendayagunaan Zakat,Infak, Sedekah (ZIS) dalam Pemberdayaan Anak Yatim (Studi di Rumah Yatim Ar-Rahman Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Pendayagunaan Zakat,Infak, Sedekah (ZIS) dalam Pemberdayaan Anak Yatim] Text (Peran Pendayagunaan Zakat,Infak, Sedekah (ZIS) dalam Pemberdayaan Anak Yatim)
Namirah Andra Dwina, 180602055, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Peran Pendayagunaan dana Zakat, Infak, Sedekah yang ada di Rumah Yatim Ar-Rahman Banda Aceh untuk Program-program pemberdayaan anak yatim dan kaum dhuafa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian Kualitatif, menurut penulis metode ini cocok dan relevan dengan objek penelitian karena permasalahan yang dibahas tidak berkenaan dengan angka-angka tetapi lebih ke mendeskripsikan, menguraikan serta menggambarkan permasalahan. Dalam penelitian ini data yang digunakan ialah data kualitatif yang bersumber dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data sendiri dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua instrument tersebut saling melengkapi sehingga dapat diperoleh data yang lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Yatim Ar-Rahman Banda Aceh telah berhasil mendayagunakan dana Zakat, Infak dan Sedekah untuk pemberdayaaan anak yatim dengan jumlah 7 orang anak yatim yang di asrama dan kurang lebih 400 orang anak yatim di luar asrama yang berhasil diberdayakan pada program pendidikan, pendayagunaan ekonomi dan kesehatan. Ketiga Program tersebut berjalan dengan sangat efektif yang dibuktikan dengan meningkatnya prestasi dan kemandirian anak yatim, peningkatan ekonomi mustahik (anak yatim dan keluarga), serta peningkatan juga pada segi agama para anak yatim yang sesuai dengan tujuan dari program-program yang ada di Rumah Yatim Ar-Rahman Banda Aceh yakni meningkatkan kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM) serta meningkatkan pada segi spiritual para penerima bantuan (anak Yatim).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Namirah Andra Dwina Namirah
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:08
Last Modified: 03 Feb 2023 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26410

Actions (login required)

View Item
View Item