Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs Melalui Model Pembelajaran Scramble

Selly Rizky, 180205074 (2023) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs Melalui Model Pembelajaran Scramble. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Selly Rizky,  180205074, FTK, PMA, 085835576086.pdf] Text
Selly Rizky, 180205074, FTK, PMA, 085835576086.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang penting. Pada kenyataannya, siswa mengalami masalah dengan pemahaman konsep. Salah satu alternatif yang digunakan adalah dengan menerapkan model pembelajaran scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran scramble lebih baik dari pada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Penanggalan Tahun Ajaran 2022/2023, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian terima H_0 dan disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran scramble sama dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Selly Rizky
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:50
Last Modified: 03 Feb 2023 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26413

Actions (login required)

View Item
View Item