Strategi Keuchik dalam Pengelolaan Gampong Gunong Cut Sebagai Gampong Percontohan di Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya

Armiadi, 160403111 (2022) Strategi Keuchik dalam Pengelolaan Gampong Gunong Cut Sebagai Gampong Percontohan di Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Keuchik dalam Pengelolaan Gampong Gunong Cut Sebagai Gampong Percontohan] Text (Strategi Keuchik dalam Pengelolaan Gampong Gunong Cut Sebagai Gampong Percontohan)
Armiadi, 160403111, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Strategi Keuchik dalam Pengelolaan Gampong Gunong Cut Sebagai Gampong Percontohan di Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Keuchik dalam mengelola gampong percontohan Gunong Cut Kecamatan Tangan-Tangan Kab Aceh Barat Daya, dan untuk mengetahui program yang dikelola keuchik Gampong Gunong Cut segabai gampong percontohan, serta untuk mengetahui peluang dan tantangan kechik gampong Gunong Cut dalam pengelolaan sistem pemerintahan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi pada Gampong Gunong Cut Kec Tangan-Tangan Kab. Aceh Barat Daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Keuchik dalam mengelola Gampong percontohan Gunong Cut ada sembilan strategi, diantaranya: pertama adalah membuat misi, kedua melakukan musyawarah suatu proses perencanaan, ketiga, mengidentifikasi aparatur gampong untuk saling bekerja sama dengan masyarakat, keempat, memperjelas misi dan nilai-nilai, kelima, menilai lingkungan eksternal: peluang dan ancaman, keenam, menilai lingkungan internal: kekuatan dan kelemahan, kedelapan, merumuskan strategi untuk mengelola isu-isu dari luar untuk kamajuan, kesembilan, menciptakan visi Gampong yang efektif bagi masa depan. Adapun program yang dikelola keuchik yakni program pustaka desa, adat istiadat, qanun gampong, pembangunan menasah disetiap dusun, BUMG, kegiatan pelatihan menjahit, pembagian bibit jengkol dan bibit pinang kepada masyarakat, pemanfaatan air bersih sehingga dibangunnya sebuah PDAM di Gampong Gunong Cut, membuat pengajian di pesantren bagi pemuda-pemuda gampong tiap malam jumat, mengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), program pembangunan tempat wisata kolam pemandian di Dusun Mata Ie, program pengaspalan jalan ke sawah juga pembukaan jalan ke gunung menuju kebun pala warga. Sedangkan peluang dan tantangan kechik gampong Gunong Cut dalam pengelolaan sistem pemerintahan yakni adanya dukungan dari masyarakat, juga kekompakkan masyarakat, selain itu dukungan dari pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya. Yang menjadi kendala ialah adanya profokasi dari masyarakat yang belum terima kekalahan dalam mengusung calon Keuchik pada saat PILCIKSUNG, selain itu juga kekecewaan dalam melihat kelebigan dan kemajuan dari gampong lain dari satu bisang dan akhirnya kekecewaan itu di lapiaskan kepada pemerintah gampong sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Armiadi Armi
Date Deposited: 03 Feb 2023 04:16
Last Modified: 03 Feb 2023 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26414

Actions (login required)

View Item
View Item