Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MIN Lamrabo Aceh Besar pada Materi Peninggalan Sejara

Muhammad Dan, 201223394 (2017) Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MIN Lamrabo Aceh Besar pada Materi Peninggalan Sejara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Membahas tentang Audio Visual] Text (Membahas tentang Audio Visual)
Muhammad Dan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan media yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Akan tetapi kenyataannya dilapangan, masih terdapat guru yang belum tepat dalam menggunakan media pembelajaran dan kurang memanfaatkan media yang ada di sekolah. Mengingat hal demikian, guru harus mampu menggunakan media yang tepat dan efisien dalam pembelajaran, khususnya pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan tidak membuat siswa bosan saat belajar. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh guru adalah dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refeksi. Data tentang kegiatan pembelajaran diperoleh dari pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran, pengamatan siswa dalam proses belajar, hasil tes belajar siswa, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus yang sesuai dengan aktivitas yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar dengan menggunakan media audio visual pada siklus I pertemua I dengan nilai rata-rata 2,75 (baik) pada siklus II 3,0 (baik) dan pada siklus III menjadi 4,50 (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual sangat cocok digunakan pada pembelajara IPS dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MIN Lamrabo Aceh Besar. Oleh karena itu penggunaan media audio visual dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran IPS MIN Lamrabo Aceh besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Azhar, M. Pd. 2.Tabrani, M. S. I.
Uncontrolled Keywords: Audio Visual, Media,Prestasi Belaja
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 26 Feb 2018 03:12
Last Modified: 26 Feb 2018 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2642

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item